Wokshop Akreditasi Laboratorium menurut ISO 17025

UPT Laboratorium Terpadu Undip  merupakan unit pelaksana teknis yang mendukung terhadap pelaksanaan kegiatan tridarma perguruan tinggi. Supaya dukungan tersebut berlangsung secara efektif dan efisien, maka laboratorium harus dikelola secara profesional agar mampu mengadaptasi perkembangan iptek yang begitu cepat, termasuk perkembangan sistem manajemen pengelolaan laboratorium modern  sehingga peralatan dan fasilitas laboratorium lainnya difungsikan secara optimal. Untuk memastikan validitas setiap data (akurasi, presisi, reproducibility, repeatibility, tracebility) yang dihasilkan pada kegiatan praktikum, penelitian, dan kegiatan pelayanan pada masyarakat.

Untuk mencapai keadaan tersebut, UPT Laboratorium Terpadu Undip membutuhkan dorongan dan fasilitas  untuk bisa menerapkan standar sistem manajemen mutu pengelolaan laboratorium yang berlaku secara internasional yang banyak diadopsi saat ini yaitu SNI ISO/IEC 17025-2008. UPT Laboratorium Terpadu telah mengadakan worshop akreditasi pada tanggal 15-16 Agustus 2014. Pelaksanaan kegiatan dilakukan di hotel Grand Wahid, dimana diikuti oleh Kepala Laboratorium di lingkungan Universitas Diponegoro. Kegiatan diawali dengan penyusunan borang akreditasi laboratorium terpadu Undip, yang selanjutnya dibahas pada kegiatan ini. Kegiatan workshop ini menghadirkan pembicara dari KAN (Komite Akreditasi Nasional) dan dari Universitas Gadjah Mada serta pembicara dari lingkungan Universitas Diponegoro. Pembicara dari KAN adalah Dandy Arisakti Wardana, ST., MT sebagai kepala Uji Bidan Uji Profisiensi dan Standar Acuan KAN, sedangkan dari UGM adalah Dr. Harsojo yang merupakan asessor KAN. Dalam materinya Bapak Dandy Arisakti Wardana memaparkan bagaimana proses akreditasi Laboratorium. Adapaun Dr Harsojo melakukan evaluasi terhadap dokumen yang telah disuusn oleh UPT Laboratorium terpadu UNDIP meliputi Dokumen 1 dan Dokumen 2. Dokumen 1 yang dimaksud disini adalah Panduan Mutu dan Prosedur Mutu (Dokumen 2)

Kegiatan selanjutnya akan dilakukan di UPT Laboratorium Terpadu UNDIP dalam bentuk Inhouse Training untuk aktifitas Audit Intenal dan Studi Keterukuran.

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

UPT Laboratorium Terpadu, Universitas DIPONEGORO Jl. Prof. Soedarto, SH-Tembalang, Semarang 50239 INDONESIA EMAIL : labterpadu@live.undip.ac.id