Training Halal dan Aplikasi LC-MS (Liquid Chromatography Mass Spectrofotometry)

Sesuai dengan visi UPT Laboratorium Terpadu menjadi laboratorium yang terkemuka, berstandar internasional dalam bidang penelitian, pengujian, jasa analisis dan pelatihan laboratorium untuk mendukung Universitas Diponegoro sebagai Universitas berbasis PTN BH.

UPT Laboratorium Terpadu bekerjasama dengan PT. Laborindo Sarana mengadakan training Halal dan Aplikasi LC-MS (Liquid Chromatography Mass Spectrofotometry)

Dalam kegiatan tersebut akan diagendakan pengenalan Pusat Halal Universitas Diponegoro dan Aplikasi peralatan analisis dalam mendeteksi kadar-kadar senyawa yang menyebabkan produk menjadi tidak halal. Analisis konsentrasi etanol dengan menggunakan HPLC, analisis dan identifikasi lemak babi dengan menggunakan LCMS dan Realtime PCR.

Liquid Chromatography dengan Mass Spectrometer (HPLC-MS) dapat diaplikasi dalam berbagai bidang dan diantaranya untuk mendeteksi kadar lemak babi dan diharapakan mempunyai keakuratan hasil.

LC-MS memadukan daya pemisahan HPLC untuk bahan berat molekul besar dengan kemampuan MS untuk mendeteksi dan mengkonfirmasikan identitas molekul secara selektif. Aplikasi utamanya adalah di bidang penelitian farmasi, analisis lingkungan, pengujian makanan, dan kedokteran forensik

Kegiatan ini diadakan pada :

Hari/Tanggal   : Kamis, 18 Februari 2016

Pukul             : 08.00 – 16.00 WIB

Tempat          : Ruang Sidang I UPT Laboratorium Terpadu UNDIP Tembalang

Narasumber    :

  1. Dr. Choirul Anam, S.Si., M.Si (Fakultas Sains dan Matematika Undip)
  2. Dr. Widayat, ST., MT (Fakultas Teknik Undip)
  3. Dr. rer. nat. Anto Budiharjo, S.Si., M.Si (Fakultas Sains dan Matematika Undip)
  4. dua orang nara sumber dari PT. Laborindo Sarana

Training ini ditujukan kepada para dosen, tenaga pengajar/peneliti dan tidak di kenakan biaya kontribusi dengan kapasitas peserta sebanyak 40 orang.

Batas regristasi 15 Februari 2016

Informasi :

Website : https://labterpadu.undip.ac.id

E-mail  : labterpadu33@gmail.com, labterpadu@live.undip.ac.id

Telp: (024) 76918147

Fax : (024) 76918148