Pelatihan Halal Dan Aplikasi LC-MS (Liquid Chromatography Mass Spectrofotometry)

UPT Laboratorium Terpadu bekerjasama dengan PT. Laborindo Sarana mengadakan Pelatihan Halal dan Aplikasi LC-MS (Liquid Chromatography Mass Spectrofotometry) yang dilaksanakan pada 18 Februari 2016. Pelatihan ini diikuti oleh dosen, tenaga pengajar, dan peneliti.
Dalam pelatihan ini dilakukan pengenalan Pusat Halal Universitas Diponegoro dan Aplikasi peralatan analisis dalam mendeteksi kadar-kadar senyawa yang menyebabkan produk menjadi tidak halal. Analisis konsentrasi etanol dengan menggunakan HPLC, analisis dan identifikasi lemak babi dengan menggunakan LC-MS dan Realtime PCR. Liquid Chromatography Mass Spectrometer (LC-MS) dapat diaplikasi dalam berbagai bidang, diantaranya untuk mendeteksi kadar lemak babi dan diharapakan mempunyai keakuratan hasil.
LC-MS memadukan daya pemisahan HPLC untuk bahan berat molekul besar dengan kemampuan MS untuk mendeteksi dan mengkonfirmasikan identitas molekul secara selektif. Aplikasi utamanya adalah di bidang penelitian farmasi, analisis lingkungan, pengujian makanan, dan kedokteran forensik.
Dalam kegiatan Pelatihan Halal dan Aplikasi LCMS menghadirkan dua pembicara dari PT. Laborindo Sarana. Dari kedua pembicara ini dilakukan pengenalan instrumen dan rental instrumen alat laboratorium oleh PT. Laborindo Sarana. Selain itu pembicara juga berasal dari Undip yaitu Dr. Choirul Anam, S.Si., M.Si (Fakultas Sains dan Matematika Undip), Dr. Widayat, ST., MT (Fakultas Teknik Undip), dan Dr. rer. nat. Anto Budiharjo, S.Si., M.Si (Fakultas Sains dan Matematika Undip). Berikut dokumentasi kegiatan pelatihan halal dan aplikasi LC-MS.

LCMS A LCMS B

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

UPT Laboratorium Terpadu, Universitas DIPONEGORO Jl. Prof. Soedarto, SH-Tembalang, Semarang 50239 INDONESIA EMAIL : labterpadu@live.undip.ac.id