Kegiatan PKUM bagi Masyarakat Kec. Matesih Kab. Karanganyar

Universitas Diponegoro bekerjasama dengan PT Mocaf Solusindo telah melakukan pemberdayaan masyarakat  Desa Matesih Kec. Matesih Kab Karanganyar dalam pengolahan singkong. Singkong sendiri merupakan tanaman perdu yang umumnya diambil ubinya untuk dikonsumsi.

Dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat ini, singkong diolah menjadi tepung MOCAF (Modified Cassava Flour).  Tim Universitas Diponegoro dipimpin oleh Prof. Dr. Widayat, ST., MT dan PT Mocaf Solusindo dipimpin langsung oleh Direkturnya yaitu Irawan Arief Budianto, ST. MOCAF sendiri adalah tepung singkong yang telah mengalami pengolahan awal baik fisik, biologis atau kima.

Untuk menghasilkan MOCAF singkong setelah mengalami pengupasan dan pencucian, dilakukan pemotongan dan perendaman awal. Untuk menghasilkan Mocaf yang berkualitas dalam proses perendaman kedua digunakan mikrorganisme sehingga dihasilkan Mocaf yang berkualitas. Mikroorganisme yangdigunakan telah dilakukan ujicoba di UPT Lab Terpadu selama 1 tahun, sehingga diperoleh kondisi optimal. Proses prendaman berlangsung selama 1 hari. Potongan /chip singkong selanjutnya ditiriskan dan diangin-anginkan. Untuk memperoleh Mocaf, proses dilanjutkan dengan pengeringan dan penepungan. Untuk menjaga kulitas dilakukan pengontrolan dengan analisis laboratorium yang meliputi serat kasar, warna dan proksimat.

Proses pemotongan singkong
Alat pemotong singkong

Ujicoba Peralatan Mesin pemotong singkong

Permasalahan yang dihadapi dalam pemberdayaan adalah proses pemotongan. Pemotongan masih dilakukan dengan menggunakan pisau dan alat pemotong secara manual. Hal ini membutuhkan waktu yang lama untuk memperoleh chip. Program pemberdayaan ini difokuskan pada penyelesaian permsalahan ini. Dengan bantuan PT Solusindo Tirtatex, peralatan pemotong dengan mesin berhasil diwujudkan dan diujicobakan. Peralatan ini dapat menghemat waktu sehingga singkong segara bisa segera dipotong dan tidak berubaha teksturnya. Dengan demikian kualitas produk Mocaf bisa terjaga. Video peralatan ini dapat dilihat melalui link ini: https://youtu.be/som2a-yu4C4