Pelatihan Pemahaman dan Interpretasi Standar Akreditasi Laboratorium Berdasarkan ISO 17025:2017

Perubahan-perubahan sistem akreditasi laboratorium dari ISO 17025:2008 ke ISO 17025:2017 memerlukan upaya-upaya pemahaman dan interpretasi dari seluruh elemen pengelola UPT Laboratorium Terpadu. Selain dapat menunjang peningkatan publikasi, laboratorium yang tersertifikasi dan ketersediaan peralatan-peralatan penelitian yang memadai dan standar juga dapat meningkatkan produk-produk riset yang inovatif dan dapat terpakai dan/atau terkomersialisasi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, UPT Laboratorium Terpadu menyelenggarakan Pelatihan Pemahaman dan Interpretasi Standar Akreditasi Laboratorium Berdasarkan ISO 17025:2017 pada tanggal 19 April 2018. Pelatihan ini dihadiri oleh sekitar 30 pengelola laboratorium dan teknisi/analis laboratorium di lingkungan UPT Laboratorium Terpadu dan dari fakultas-fakultas. Sebagai Narasumber pada Pelatihan ini adalah: Dr. Sarjito (salah satu Asesor Akreditasi Laboratorium KAN BSN). Pelatihan ini merupakan salah satu aktifitas dari serangkaian kegiatan dalam rangka program akreditasi laboratorium di UPT Laboratorium Terpadu.

Pemahaman tentang kebijakan Akreditasi Laboratorium Terpadu berdasarkan SNI ISO/IEC 17025:2017 yang akan diprogramkan pada tahun 2018 meliputi hal-hal berikut: (a). kebijakan perubahan-perubahan standar ISO 17025:2017, (b). persyaratan-persyaratan umum dan persyaratan-persyaratan structural, (c). persyaratan-persyaratan sumber daya, dan (d). persyarayan proses dan sistem manajemen. Disamping pemahaman-pemahaman tersebut, perlu juga pendampingan update Standar Penjaminan Mutu laboratorium penguji di UPT Laboratorium Terpadu Undip.