Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Dokumen dan Implementasi Akreditasi Laboratorium SNI ISO/IEC 17025:2017

UPT Laboratorium Terpadu menyelenggarakan Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Dokumen dan Implementasi Akreditasi Laboratorium SNI ISO/IEC 17025:2017 pada tanggal 15 hingga 18 Oktober 2018 dengan menghadirkan instruktur Dra.Diana Boes,MM. Pelatihan ini diikuti oleh para Kepala Bidang, Deputi, Teknisi maupun administrasi.

Dra.Diana Boes,MM menjelaskan bahwa sistem ISO/IEC 17025:2017 terdiri atas empat tahap yaitu pendekatan proses, pendekatan Risk Based Thinking (berfikir berbasis risiko)dan continual improvement (peningkatan berkelanjutan). ISO/IEC 17025:2017  mewajibkan laboratorium untuk merencanakan dan menerapkan tindakan mengatasi risiko dan peluang, selain itu mengatasi risiko dan peluang merupakan dasar untuk meningkatkan efektivitas sistem manajemen guna mencapai hasil yang lebih baik dan mencegah dampak negatif.

Risk Based Thinking merupakan elemen dalam pendekatan proses yaitu dengan memastikan bahwa risiko dipertimbangkan ari awal sampai akhir proses, maka semua resiko akan diidentifikasi, dipertimbangkan dan dikendalikan sehingga resiko tidak mengganggu pencapaian tujuan. Continual improvement meliputi menetapkan sasaran berdasarkan risiko,melaksanakan semua yg direncanakan, tindakan yang harus dilakukan berdasarkan hasil yang dicapai yaitu tindakan perbaikan.