Profil

UPT Laboratorium Terpadu Universitas Diponegoro (Central Laboratory for Research and Services Diponegoro University atau CORES-DU) merupakan laboratorium yang dapat dimanfaatkan oleh Civitas Akademika Universitas Diponegoro untuk penelitian dan/atau Center of Research Excellence (COE) dan juga melayani kebutuhan Layanan Pengujian/Analisis Sampel Uji peneliti dan masyarakat pengguna.

UPT Laboratorium Terpadu Undip dipimpin oleh seorang Kepala dan terdiri dari 3 orang Staf Administrasi dan 12 orang Analis/Teknisi Laboratorium. Sebanyak 10 personel Dosen juga terlibat sebagai Deputi Bidang atau Ketua Bidang sebagai Penyelia masing-masing Analis/Teknisi dan Penjaminan Mutu.

UPT Laboratorium Terpadu Undip beralamatkan di: Gedung UPT Laboratorium Terpadu Universitas Diponegoro Jl. Prof Soedarto, SH, Tembalang, 50275, Kota Semarang, Jawa Tengah.

UPT Laboratorium Terpadu Undip sudah memiliki sistem informasi layanan pengujian sampel (SIMLAB) di URL: https://simlab.undip.id).

UPT Laboratorium Terpadu Undip sudah terakreditasi KAN-BSN berdasarkan SNI ISO/IEC 17025:2017 sebagai Laboratorium Penguji dengan Nomor Akreditasi LP-1465-IDN Tahun 2021-2026.

UPT Laboratorium Terpadu Undip secara terintegrasi dan strategis melayani hal-hal berikut:

  1. Layanan laboratorium penelitian dan/atau Center of Excellence (CoE) Universitas Diponegoro yang dapat menghasilkan temuan-temuan teknologi yang dapat dipublikasikan di jurnal2 bereputasi tinggi dan/atau Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) dan/atau komersialisasi hasil-hasil penelitian.
  2. Layanan Laboratorium Pengujian/Analysis untuk para peneliti dan mahasiswa di lingkungan Undip dan masyarakat umum. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di sini: https://labterpadu.undip.ac.id/layanan/
  3.  Layanan Pelatihan Kompetensi Teknis Penggunaan dan Perawatan Peralatan Laboratorium, terutama untuk Pranata Laboratorium Terpadu (PLP) di lingkungan Undip.
  4. Mengkoordinasikan laboratorium-laboratorium penguji di lingkungan Undip.

Leave a Reply