Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) Laboratorium bagi PLP UPT Laboratorium Terpadu Universitas Diponegoro

UPT Laboratorium Terpadu Undip mengadakan kegiatan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Laboratorium bagi PLP UPT Laboratorium Terpadu Universitas Diponegoro. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk memberikan pemahaman secara teoretis, pengetahuan, pengalaman praktis, dan praktek langsung tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Laboratorium.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala UPT Laboratorium Terpadu Undip (Prof. Dr. Istadi), yang diawali dengan laporan kegiatan oleh Deputi Bidang K3 Laboratorium dan Lingkungan (Prof. Dr. Tri Indah Winarni). Pada kegiatan ini juga dilaksanakan Launching Dokumen Prosedur dan Pedoman Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Laboratorium UPT Laboratorium Terpadu Undip (CORES-DU-PR-6.3.4a). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari, yaitu: Senin-Selasa (29-30 November 2021).

Materi teori dan praktek kegiatan meliputi: (1). Job Safety Analysis (Bina Kurniawan, SKM, M.Kes., Ka UPT K3 Lingkungan Undip), (2). Evaluasi Implementasi K3 Laboratorium melalui kunjungan laboratorium di UPT Laboratorium Terpadu (Bina Kurniawan, SKM, M.Kes., Ka UPT K3 Lingkungan Undip) , (3). Pengetahuan Dasar dan Praktis Pemadaman Kebakaran (Tim DAMKAR Kota Semarang), dan (4). Praktek Proses Pemadaman Kebakaran dengan peralatan sederhana (APAT) dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan Hydrant (Tim DAMKAR Kota Semarang) .

Kegiatan ini diikuti oleh Para Dosen, Peneliti, Mahasiswa, dan Teknisi/PLP/Analis Laboratorium di lingkungan Undip dan dari luar Undip. Jumlah peserta online lebih dari 300 peserta, dan ditargetkan 50 peserta offline untuk praktek pemadaman kebakaran yang dibagi menjadi dua kelompok lokasi (30 November 2021).